Refleksi 4 Tahun Baitul Mal “Barokah” “Peduli Membangun Umat” (Materi Buletin Edisi 1 2015)

Sabtu, 05 Maret 2016

Refleksi 4 Tahun Baitul Mal “Barokah”
“Peduli Membangun Umat”

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Alloh melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Alloh Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Alloh Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” 
(Al-Baqoroh : 261-263)

Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin. Segala puji bagi Allah SWT, Rabb semesta alam. Sholawat dan salam terhaturkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tahun ini Baitul Mal Barokah atau yang disingkat dengan BM Barokah telah memasuki tahun ke empat sejak secara resmi, BM Barokah dilaunching pada Hari Kamis, 19 Agustus 2010 bertepatan dengan 9 Ramadhan 1431 H di Kompleks Masjid Barokah, Plumbon, Siwal, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Sejak awal berdiri, BM Barokah mempunyai Visi “Menggalang dan menyalurkan potensi Infaq/ Shodaqoh, Zakat dan Wakaf Ummat secara amanah dan profesional menuju kemajuan, kemandirian serta kemakmuran bersama yang diridhoi Allah SWT”. Dengan MISI sebagai berikut: 
1.       Menggalang potensi dana infaq/ shodaqoh, zakat dan wakaf ummat
2.       Menyalurkan dana infaq / shadaqoh, zakat dan wakaf umat kepada yang berhak menerima
3.       Membangun kesadaran ummat untuk saling berbagi terhadap sesama
Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut sejak awal BM Barokah menetapkan Delapan Program keummatan, yang meliputi:
1.       Program bersama Al Qur’an
2.       Program Sehat bersama Ummat
3.       Surga Bersama Anak Yatim
4.       Beasiswa dan santunan Pendidikan
5.       Program pemberdayaan ummat
6.       Diklat dan training
7.       Program peduli bencana
8.       Dakwah fi sabilillah
Dengan sasaran program adalah masyarakat secara umum, khususnya lingkungan sekitar kompleks Masjid Barokah di Plumbon, Desa Siwal, Baki, Sukoharjo.  
Memasuki usia yang ke empat tahun BM Barokah terbilang masih muda. Oleh karenanya,dalam usia yang muda inilah proses tumbuh dan belajar untuk mewujudkan BM Barokah yang istiqomah banyak menghadapi ujian dan kendala. Seperti kembang kempisnya kegiatan yang dilakukan dan pelaporan yang tidak bisa berjalan secara rutin. Segenap pengelola BM Barokah menyadari atas kekurangan ini, oleh karenanya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan berharap sebagai perbaikan perjalanan ke depan agar lebih baik lagi.
Namun demikian, bukan berarti BM Barokah mati suri atau hilang perannya untuk membantu mensejahterakan ummat. BM Barokah tetap berjalan kegiatannya di dalam penggalangan dana ummat berupa infaq, zakat dan shadaqah. Kemudian disalurkan kepada yang berhak menerima melalui program yang telah ditetapkan sejak awal meskipun tidak seluruhnya berjalan secara maksimal.
Program sehat bersama ummat sampai saat ini masih berjalan. Melalui program ini, jama’ah masjid Barokah bisa menggunakan kartu sehat untuk berobat secara gratis di klinik yang telah menjalin kerjasama dengan BM Barokah.
Begitu juga program santunan anak yatim dan beasiswa pendidikan masih berjalan untuk membantu ummat yang membutuhkan bantuan dalam pendidikan. Selain itu, program pemberdayaan ekonomi ummat juga masih berjalan dengan program pemberian talangan modal usaha ummat agar mandiri secara ekonomi dan mensejahterakan keluarga.
Program bersama Al Qur’an adalah program belajar membaca Al Qur’an melalui Taman Pendidikan Al Qur’an telah berjalan untuk anak – anak jama’ah masjid barokah, namun saat ini belum berjalan kembali setelah ramadhan 1435H yang lalu.
Program diklat dan pelatihan pernah berjalan melalui pelatihan jagal yang diadakan menjelang hari raya kurban. Namun belum berjalan kembali pelatihan –pelatihan laiinya. Rencana ke depan akan dilaksanakan pelatihan – pelatihan lainnya agar pemahaman dan wawasan keislamana jama’ah Masjid Barokah selalu terasah dan meningkat dari waktu ke waktu.
Selain delapan program unggulan ini, BM barokah juga pernah mengadakan bazar bagi jama’ah masjid pada bulan Agustus 2012.
Untuk sosialisasi program dan laporan penerimaan dan penyaluran zakat infaq shodaqoh yang telah dihimpun kami juga mengadakan program buletin bulanan yang berisi materi Hadits Arba’ain Nawawi dan laporan keuangan.
 Pada edisi tahun baru masehi 2015 bertepatan dengan bulan Rabi’ul Awal 1436 H inilah kami hadirkan kembali buletin yang melaporkan penerimaan dan penyaluran infaq dan zakat yang telah terhimpun selama satu tahun yang lalu. Harapan ke depan buletin ini akan kembali hadir setiap bulannya sebagai sarana untuk memberikan pencerahan ummat dan sekaligus memberikan laporan bulanan kepada masyarakat luas baik donatur maupun masyarakat secara umum. 
 Wallahua’lam bi showab





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan kritik dan saran anda...Jazakumullah Khoir...